30 April 2009

Refferal itu ...

Jujur saja, saat pertama baca kata refferal saya agak bingung. Apalagi kalau kita ikut PTC, pasti akan sering menemukan istilah itu.

Awal menekuni bisnis online, sudah pasti ada rasa kekhawatiran. Karena pengalaman saya masih minim maka sudah pasti ada rasa takut ditipu. Toh penipuan lewat dunia maya sudah sering terjadi. Gak mau dong kalo jadi korban berikutnya ... Saat itu kupikir refferal seperti downline dalam bisnis MLM atau arisan piramida. Dimana kita jadi bawahan, terus upline kita tinggal menunggu hasil kerja keras kita. Oh mengenaskan sekali.. Sistem MLM atau piramida memang cenderung merugikan anggota dibawahnya. Iya gak .. Eitss...tunggu dulu ... Jangan berburuk sangka. Berikut penjelasannya
Ternyata refferal itu gak seperti itu kok. Refferal umumnya merupakan balas budi buat pemilik informasi. Misalnya, kita baca suatu blog yang membahas situs yang menguntungkan dan anda pun tertarik mengikutinya. Dengan mendaftar sebagai refferal pemilik blog, umumnya pemilik blog akan mendapat komisi dari situs dan anda mendapat informasi yang berharga. Selain itu setelah anda mendaftar di situs tersebut, anda akan memiliki URL sendiri yang bisa digunakan untuk mencari refferal lain. Sama-sama untung kan. Tidak ada yang dirugikan. Malahan dengan menjadi refferal seseorang, terkadang saat menemui masalah atau kesulitan, anda mempunyai tempat untuk bertanya.
Bahkan untuk PTC (Paid To Click) sendiri, upline juga harus aktif. sebab kalau dia tidak aktif melakukan klik maka tidak akan mendapat komisi dari hasil klik refferalnya. Nah, sekarang gak ragu lagi kan menjadi refferal saya ... (ada maunya nih. he.. he..:O) Ah nggak juga kok, saya hanya mau berbagi salah satu dari sekian hal yang bikin saya ragu akan bisnis online. Tapi kalau sudah menemukan jawaban dan kebenarannya, saya jadi lebih mantap belajar tentang bisnis online ini.
Siapa tahu ada yang mengalami kegalauan seperti saya dulu, semoga setelah baca postingan ini, anda gak ragu lagi. Semangat !!

2 komentar:

  1. @ smart business : terima kasih. semoga saja blog ini bisa bermanfaat seperti blog anda.

    BalasHapus